Harus bekerja dari rumah untuk sebagian dari kita cukup menantang, setidaknya untuk saya. Biasanya saya melakukan banyak hal dengan penuh kesibukan di lingkungan profesional dengan bertemu orang lain. Tapi di rumah? Bagi saya yang memiliki kebiasaan bekerja jam 9 hingga jam 6 sore di kantor, rumah aadalah tempat yang dirasa kurang efektif untuk bekerja dan menyelesaikan sesuatu. Belum lagi tantangan untuk tidak bertemu orang lain untuk berkoordinasi, bertukar pikiran, atau hanya sekadar berbagi pembicaraan kecil sambil minum kopi yang biasa terjadi di kantor, membuat suasana WFH lumayan menantang.
Namun, berkat Mindfulness dan latihan meditasi, saya menyadari bahwa keduanya sangat bermanfaat untuk melepaskan kecemasan dalam menghadapi ketidakpastian, menyeimbangkan pekerjaan kantor dan rumah bersamaan, dan menjaga diri saya tetap sehat (dan waras) saat melakukan WFH.
Bersikap Mindful berarti kita menaruh perhatian dan kesadaran pada saat ini dan di sini, daripada hidup dalam mode autopilot. Poin kuncinya adalah tidak membiarkan diri terbawa oleh pikiran dan emosi kita ke masa lalu atau masa depan, atau memberikan penilaian terhadapnya. Kita cukup mengamati dan menyadari dengan perhatian penuh dan mempraktekkan apa yang dikatakan beberapa filsuf dikenal sebagai "beginner's mind". Atau melihat sesuatu seperti baru pertama kali.
Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keseimbangan selama bekerja dari rumah melalui Mindfulness:
1. Bangun dengan "perhatian yang terbuka"
Daripada merencanakan ini dan itu pada saat kita bangun dari tempat tidur, mengapa kita tidak mencoba untuk membuka semua indera kita untuk merasakan semua kemudahan yang bisa disyukuri. Kita bersyukur masih diberi kehidupan, bisa bernafas, melihat, mencium, merasakan, menyentuh, dan yang paling penting mampu merasakan hidup itu sendiri! Berhentilah memandangi ponsel ketika kita baru bangun dari tempat tidur, mulailah memperhatikan perasaan dari pengamatan sensorik kita.
2. Buatlah ritual pagi hari
Buat beberapa kegiatan yang sangat Anda nikmati, tetapi pastikan untuk melakukannya 100%. Ini bisa sesederhana membuat tempat tidur Anda, minum kopi, mandi dengan sabun favorit, menghirup aromaterapi dari minyak esensial favorit, dan hal-hal sederhana namun penting lainnya untuk membuat Anda siap untuk memulai hari. Membuat ritual pagi dapat meningkatkan suasana hati dan produktivitas, serta menjaga pikiran Anda jernih dan segar.
3. Tulis jurnal harian
Entah itu untuk urusan pekerjaan, atau buku harian pribadi, menulis jurnal untuk saya lebih dari sekadar membenturkan pena ke atas kertas. Ini adalah tindakan meditatif di mana pemikiran, emosi, ide dan inspirasi mengalir dan siap untuk berubah. Kedengarannya terlalu ajaib untuk tindakan sederhana, tetapi saya yakin Anda yang telah melakukan jurnal harian akan setuju dengan saya.
4. Makan dengan Mindful
Bersiaplah untuk menambah berat badan karena aktivitas fisik yang terbatas selama bekerja dari rumah. Di sinilah makan secara Mindful mengambil peran penting untuk menjaga kesehatan dan berat badan. Hadirlah sepenuhnya saat Anda makan, dengan begitu Anda akan makan lebih sedikit daripada saat makan Anda terganggu.
5. Meditasi
Saya tidak bisa menggambarkan bagaimana kesukaan saya terhadap meditasi dan bagaimana perasaan saya setelahnya. Hal itu membuat pikiran saya tenang. Kita semua tahu bagaimana bekerja dari rumah bisa sangat menimbulkan frustrasi terutama ketika hal-hal perlu dilakukan dalam koordinasi yang tidak bersamaan. Meditasi akan membantu kita mengambil ruang agar tidak terikat dan terlalu terikat pada pekerjaan (di mana sekarang tidak ada batasan karena dilakukan di rumah!). Karena pada akhirnya, kehidupan kita tidak ditentukan oleh pekerjaan yang kita lakukan atau pekerjaan yang kita selesaikan.
6. Metode RAIN
Jika Anda merasa hari Anda terlalu stres, ingat teknik ini yang disebut "RAIN". Pertama, RECOGNIZE atau menyadari apa yang terjadi, tanpa memberikan komentar pribadi atau judgement tentang hal itu. Kedua, ALLOW biarkan itu terjadi apa adanya. Saya selalu ingat kutipan oleh salah satu filsuf favorit saya, Epictetus:
“ Kita harus melakukan yang terbaik dari hal-hal yang ada dalam kontrol kita, dan membiarkan sisanya sebagaimana alam semesta memberikannya."
Jadi, setiap kali kita menghadapi kesulitan, tidak usah panik dan lakukan apa yang bisa kontrol, lalu teknik ketiga adalah INVESTIGATE . Ini berarti kita mulai mempertanyakan diri kita sendiri tentang beberapa perasaan atau pikiran yang datang kepada kita. ‘Kenapa aku merasa seperti ini?’, ‘Apa yang paling membuatku jengkel?’. Pengamatan ini untuk mengenali lebih dalam apa yang dialami, bukan untuk menambah kritik terhadap diri, atau bahkan menyalahkan diri sendiri.
Kemudian, kita sampai pada 'N' dari NON-IDENTIFIKASI . Tahap terakhir ini adalah di mana kita memperoleh hasil dari mempraktikkan teknik RAIN, di mana kita tidak membiarkan diri kita melekat atau teridentifikasi dengan pikiran dan emosi. Sebaliknya, kita mengendalikan diri kita sendiri, untuk mengambil beberapa langkah dari perasaan dan pikiran yang diamati.
Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, Mindfulness adalah tentang latihan sabar terhadap diri sendiri saat melakukannya. Tidak dapat dipungkiri kita akan mengalami hari-hari kurang menyenangkan selama bekerja dari rumah, tetapi melakukannya dengan penuh kesadaran adalah sesuatu yang jauh lebih baik.
Selamat Work From Home atau bekerja dari rumah!
Tulisan ini diterjemahkan dari tulisan di Medium yakni https://medium.com/@zaneti.za/practicing-mindfulness-during-work-from-home-bee9b2b71624